Irjen Menkumham RI Resmikan Masjid At-Taubat Di  Lapas Kelas II B Narkotika Pekanbaru

785 views

PEKANBARU,LintasRiauNews.com
Selasa (19/10/2021) Inspektur Jenderal (Irjen) Menkumham RI Ir. Razilu, M,Si meresmikan  Masjid At-Taubah pembangunan Masjid  yang berada dikawasan Lapas Kelas II B Narkotika Pekanbaru,dibangun bersumber dari bantuan program Corporate Social Responbility (CSR) Bank Riaukepri (BRK).

Hadir dalam acara peresmian Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Ir Razilu, M.Si, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si, Suharto mewakili Bank Riaukepri, Kepala Lapas Kelas II B Narkotika Pekanbaru Robinson Perangin Angin, A.Md.IP, SH, M.Hum, beserta Jajaran Lapas/Rutan se Kota pekanbaru.

Dalam sambutanya, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham Ir. Razilu, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Riau,seluruh masyarakat Riau,termasuk Bank Riau Kepri (BRK) yang telah membantu pembangunan Mesjid At-Taubah dan lahan parkir kantor Lapas Narkotika Rumbai.

Selain itu Razilu menjelaskan fasiltas ini nantinya akan digunakan oleh petugas kami serta warga binaan sebanyak lebih kurang 300 orang, setiap harinya seperti kegiatan Sholat 5 waktu, belajar mengaji, Hadroh.

Razilu berharap Warga Binaan  Pemasyarakatan ini yang tadinya tidak bisa apa-apa, kemudian setelah pulang dari sini, mereka sudah bisa lakukan hal yang postif dan bermanfaat bagi masyarakat seperti bisa jadi Imam Masjid, Guru Ngaji dan lainnya,untuk kami berharap pak Gubernur ,kalau memungkin MUI Riau nantinya bisa membantu pembinaan kerohanian disini,”harap Razilu

Lebih lanjut dikatakan Razilu apa yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Riau ini,yakni membantu nyediakan fasilitas rumah ibadah dan sarana lainya di Lapas,nanti akan kami sampaikan ke Provinsi lainya,dan memang dalam membangun sarana dan prasarana di Lapas kita tidak bisa bekerja sendiri,kita harus bekerja sama,seperti pembangunan fasilitas di Lapas Kelas IIB Rumbai ini adalaha suatu Kolaborasi yang baik dengan Pemerintah Daerah,”tutur Razilu

Sementara itu Gubernur Riau,Drs H Syamsuar M.Si menceritakan sejarah didirikannya Mesjid At-Taubah ini,dikatakan Gubri pembangunan Mesjid ini adalah merupakan amanah dari Menkumham, Yasonna H Laoly.

Dimana saat itu, Lapas Narkotika Rumbai menjadi tempat hunian sementara warga binaan Rutan Kelas IIB Siak yang bangunannya habis terbakar, karena adanya kerusuhan,”terang Gubri

Karena Lapas Narkotika Rumbai pada waktu itu baru selesai dibangun dan belum dilengkapi pembatas antara blok hunian dengan ruang perkantoran,sehingga pak Menteri meminta bantuan Pemprov Riau untuk membagun fasilitas di Lapas ini.

Jadi pembangunan fasilitas kegiatan di Lapas ini tak terlepas adanya amanah Kemenkumham Pak Yasonna.
dimana waktu itu Lapas di Rumbai ini merupakan hunian sementara,karena Lapas di Siak ada kerusuhan saat itu,”jelas Syamsuar

Sejalan dengan waktu dan pembangunan yang terus menerus dilaksanakan di Lapas Narkotika Rumbai, akhirnya pembangunan pagar pembatas dialihkan menjadi bangunan Masjid At-Taubah dan lahan parkir untuk melayani masyarakat yang berkunjung ke lapas.

Syamsuar berharap dengan adanya Masjid At-Taubah ini nanti seluruh warga binaan semoga menjadi manusia yang taubatan nasuha,tentunya kita harapkan menjadi manusia yang baik dan bertanggungjawab sehingga dapat diterima pada masyarakat luas,”tutup Gubernur Syamsuar

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Wilayah Menkumham Riau,Pujo Harianto,Bc. IP, S. Sos, M.Si menyampaikan bahwa pembangunan Masjid At-Taubah ini bersumber dari bantuan program Corporate Social Responbility (CSR) Bank Riaukepri (BRK).

Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang sudah membantu kami menfasilitasi untuk program – program warga binaan, melalui CSR dari Bank Riau,”ucap Pujo

Terpisah Kalapas Nakotika Kelas IIB Rumbai,Robinson Perangin Angin mengucapkan terimakasih pada Bapak Gubernur Riau,Syamsuar serta Pimpinan Bank Riaukepri yang telah memberikan bantuan program Corporate Social Responbility (CSR) nya untuk pembangunan Mesjid dan lahan parkir di lingkungan Lapas Nakotika Kelas IIB Rumbai ini.

Semoga dengan ada Mesjid At-Taubah ini, akan membawa manfaat besar bagi warga binaan,pegawai dan pengunjung Lapas terutama melaksanakan kegiatan kerohaniannya,”ujar Robinson **(dedy)

Bagikan ke:

Posting Terkait