Antisipasi dan Menanggulangi Karlahut, Polres Gelar FGD

629 views

DUMAI – Guna mengantisipasi dan menanggulangi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) serta Bencana Asap tahun 2016 di Wilayah Kota Dumai, Kepolisian Resort (Polres) Dumai menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertempat di Gedung Citra Waspada Mapolres Dumai, Jalan Jendral Sudirman.

FGD yang dilaksanakan pada Senin (29/2) juga bersama instansi terkait lainnya seperti, TNI, Pemko Dumai, Perusahaan, Swasta, Masyarakat Pemilik Lahan dan Perkebunan serta seluruh elemen Masyarakat lainnya.

FGD terlaksana dalam rangka membangun kerjasama dan sinergitas bersama untuk mengantisipasi dan menanggulangi Karlahut serta Darurat Bencana Asap di Kota Dumai.

“Kota Dumai merupakan daerah yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat, karena kerap kali terjadinya Karlahut dan Bencana Asap diakibatkan dengan situasi Kota Dumai yang mayoritasnya ialah mayoritas tanah gambut sekitar 75.835 hektar didukung faktor pemicu suhu udara serta arah angin dan musim kemarau,” ujar Kabag Sumda Polres Dumai Kompol Kompol Soeprapto saat membuka kegiatan FGD.

Selain itu, dampak negatif dari Karlahut dan Bencana Asap yang terjadi khususnya di Kota Dumai juga menyebabkan beberapa kerugian seperti materil dan immateril, terlebih Bencana Kabut Asap akan merambah hingga ke beberapa negara tetangga sehingga akan menjadi perhatian Internasional.

“Dengan diadakannya FGD ini, diharapkan dapat bersama-sama mencegah serta menanggulangi Karlahut di Kota Dumai, sehingga dapat menekan angka terjadinya Bencana Kabut Asap ditahun 2016,” tegas Kabag Sumda Polres Dumai.

Sementara, Kasat Binmas Polres Dumai AKP Agung Triadi SIK menambahkan, dilaksanakannya FGD dalam rangka mengantisipasi dan menanggulangi Karlahut serta Darurat Bencana Asap di Kota Dumai.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kita mendapatkan solusi guna melawan dan mencegah terjadinya Karlahut di Kota Dumai agar dampak Karlahut dan Bencana Asap tak lagi terjadi di Kota Dumai,” ujar AKP Agung.

Sejauh ini, Polres Dumai telah membangun 142 Kanal Blocking di 7 Kecamatan dan menyebar maklumat Kapolda tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar sebanyak 3.000 lembar.

“Selain itu Polres Dumai juga telah membentuk tim trabas Patroli Hutan dan membuat forum masyarakat Gotong Royong melawan Karlahut disetiap Kelurahan,” pungkasnya.***

Bagikan ke:

antisipasi karhutla

Posting Terkait