Tahun ini Pemko Pekanbaru Kembali Nihil Program RLH buat Warga Miskin, Ini Alasannya

750 views


PEKANBARU (LintasRiauNews) – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pada tahun ini tidak menjalankan atau nihil program Rumah Layak Huni (RLH) untuk masyarakat kurang mampu atau miskin. Tahun 2016 lalu progran ini juga vakum dengan alasan minimnya anggaran.

Tidak berjalannya program RLH selama dua terakhir karena terbatasnya anggaran tersebut dibenarkan kalangan Anggota DPRD Kota Pekanbaru. “Pak Walikota sebelumnya, tidak lagi memprogramkan kegiatan ini. Alasannya tidak ada dana atau anggaran Pemko minim,” kata Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Zulkarnain, Kamis (2/2).

Namun demikian, menurut politisi PPP ini, program RLH ini tidak ada masalah, karena tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah memprogramkan pembangunan RLH di seluruh Riau. Sehingga warga miskin Kota Pekanbaru juga berpeluang mendapatkan program RLH tersebut.

Hanya saja, ia tidak ingat berapa unit yang diperuntukkan bagi Kota Pekanbaru. “Dari provinsi ada, tergantung nanti dari proposal yang diajukan,” ujar Zulkarnain.

Anggota DPRD Pekanbaru lainnya Nofrizal juga angkat bicrara terkait vakumnya program RLH lantaran tidak dianggarkan Pemko. Kalau untuk tahun2018 tidak juga dianggarkan oleh Pemko, dia menganggapnya tidak fair.

“Karena tidak mesti penuh dalam menjalankannya, kalau tidak bisa 10 unit, dilakukan 5 unit saja. Tapi ada, paling tidak bedah rumahlah,” terangnya.

“Kalau untuk di anggaran perubahan ini, saya rasa waktunya nanti tidak terkejar karena mepet. Tapi untuk di APBD Murni 2018 harus diupayakan ada,” imbuh Politisi PAN ini.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait