Mahasiswa KKN UNRI Ajarkan Warga Buat  Minuman Herbal Dan Sabun Cuci Piring

742 views

KEMPAS, LintasRiauNews.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu syarat menyelesaikan program Sarjana.

Ada beberapa jenis KKN yang harus dilaksanakan,salah satunya adalah Kuliah Kerja Nyatan Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) seperti yang dilakukan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau angkatan tahun 2019.mengadakan pelatihan pembuatan minuman herbal dan sabun cuci piring kepada ibu ibu PKK Desa Pekan Tua Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir,Kamis (18/07/2019)

 

Kegiatan ini merupakan inspirasi dan kreatif dari sembilan orang mahasiswa KKN yang terdiri dari Windra Ambarita Imanuel selaku Ketua Koordinator,anggota M. Arief pratama, Herliza,Zima ratna sari,Dina Ramadani,Ita Gusvita Dewi,Gita Novianti,Fachri Romi dan Herrisa Chorry.

 

Ketua Koordinator Mahasiswa KKN UNRI, Windra Ambarita Imanuel mengatakan tujuan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya ibu ibu PKK tentang proses pembuatan minuman herbal dan sabun cuci piring.

Selain itu, agar masyarakat desa dapat mengembangkan keahlian yang telah ia peroleh sehingga ilmu yang sudah didapat akan bermanfaat untuk menambah keuangan keluarga,”jelas Windra

Pelatihan pembuatan minuman helbal ini,tambah Wirdra karena berkaitan dengan program masyarakat Desa Pekan Tua dalam penanaman TOGA (tanaman obat keluarga).

 

Kami sangat mendukung program desa tersebut, salah satunya memberdayakan potensi yang ada di Desa Pekan Tua,yakni pemanfaatan tanaman keluarga (Toga)menjadi minuman herbal,” imbuhnya

Untuk itu kami berharap pada masyarakat terutama ibu-ibu PKK Desa Pekan Tua , nantinya dapat melanjutkan kegiatan ini baik digunakan untuk keperluan sendiri mapun memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.,”harap Windra

Bahan – bahan yang perlu di persiapkan untuk pembuatan minuman herbal dan sabun cuci piring diantaranya

Bahan pembuatan minuman herbal terdiri dari Bahan : Jahe, gula merah, air, Serai.

Sedangkan bahan pembuatan sabun cuci piring terdiri dari Texapon 50 ml, NHCL (garam secukupnya), Air 500 ml, Pewangi secukupnya, dan jeruk Nipis secukupnya.

Alat yang digunakan untuk membuat herbal dan sabun cuvi pirinh adalah baskom, sendok, sarung tangan, gelas ukur dan saringan. dan bahan sabun ini bisa dibeli di toko toko terdekat yang ada di Tembilahan.(lrs/red)

Bagikan ke:

Posting Terkait