Usai Shalat Istisqa, Hujan Kembali Turun di Dumai

741 views
DUMAI- Usai pelaksanaan Shalat Istisqa , hujan kembali mengguyur Kota Dumai, Selasa pagi 8 Maret 2016. Shalat minta hujan itu digelar Pemerintah Kota Dumai bersama TNI Polri di Bandar Udara Pinang Kampai Dumai untuk memohon diturunkan hujan agar kebakaran hutan dan lahan bisa padam Senin 7 Maret 2016.
Salat Istisqa diikuti Kapolres AKBP Suwoyo, Dandim 0320 Letkol (Kav) Rendra Adrian Siagian, Sekretaris Kota Said Mustafa, Danlanal Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, Kepala BPBD Tengku Ismet serta sejumlah kepala SKPD dan ratusan masyarakat.
Sekda Said Mustafa menyebutkan, pelaksanaan shalat Istisqa ini merupakan usaha ikhtiar dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan disamping usaha lain, seperti pemadaman di lapangan dan water booming.
"Pemerintah telah menetapkan status siaga darurat Karlahut sejak Jum'at pekan kemarin karena titik api terus bermunculan," katanya.
Kegiatan shalat Istisqa ini bertujuan juga untuk mengoptimalkan sosialisasi kepada masyarakat agar  tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar, karena prakiraan BMKG menyebutkan Kota Dumai akan memghadapi badai El-Nino.
Dandim 0320/Dumai, Letkol (Kav) Rendra Adrian Siagian menegaskan, personel gabungan mesti berupaya optimal saat melakukan pemadaman kebakaran lahan. Tapi tetap bisa bekerjasama dengan masyarakat.
"Kita mesti ajak masyarakat untuk bekerjasama, sehingga proses pemadaman bisa maksimal," ujar Rendra, Minggu (6/3).
Penanggulangan karhutla di Dumai menjadi perhatian Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung berkunjung ke Dumai menumpangi heli dan mendarat di Bandara Pinang Kampai Dumai, Senin pagi.
"Kita tidak perlu acara seremonial ini, karena saat ini yang diperlukan tindakan untuk pemadaman hutan yang terbakar," tegasnya di area bandara Pinang Kampai Dumai.  ***
Bagikan ke:

karhutla dumai shalat istisqa

Posting Terkait