Kedalaman Lebih 2 Meter, Jalan Lintas Sumbar-Riau di Kuok Kampar Amblas

1248 views

Warga bergerombol menyaksikan jalan lintas Riau-Sumbari di daerah Kuok yang amblas.

PEKANBARU (LintasRiauNews) – Jalan lintas Provinsi Riau-Sumatera Barat tepatnya di Kilometer 69-70 Dusun Bukit Agung, Desa Kuok, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, pada Senin petang amblas sedalam lebih dari dua meter. Akibatnya, kendaraan tak bisa melintas dan dialihkan ke jalur alternatif.

“Sebagian besar badan amblas sekitar pukul 17.00 WIB tadi,” kata Kepala Urusan Hubungan Masyarakat Polres Kampar, Iptu Denny Yusra di Pekanbaru, seperti dilansir antarariau.com.

Denny menuturkan bahwa jalan aspal beton yang amblas itu terjadi di sekitar gorong-gorong air. Penyebab amblasnya jalan itu masih dalam tahap penyelidikan.

Namun, diduga kuat amblasnya jalan itu disebabkan curah hujan yang tinggi terjadi di Kabupaten Kampar dalam beberapa hari terakhir hingga menyebabkan kontur tanah menjadi tidak kuat.

Denny mengatakan akibat amblasnya jalan tersebut menyebabkan roda empat di jalan lintas Riau-Sumbar dan sebaliknya tidak dapat melintas. “Untuk sementara kita siapkan jalur alternatif,” ujarnya.

Jalur alternatif tersebut, lanjut dia, adalah jembatan Pasar Kuok-Jalan Desa Empat Balai kemudian ke Pulau Jambu-Ganting Damai. Selanjutnya pengendara harus melewati Sipungguk menuju Pulau Muara Uwai untuk kemudian tiba di Bangkinang.

“Personel Polres Kampar siap memberikan arahan dan bantuan kepada pengendara menggunakan jalur alternatif tersebut,” tuturnya.

Jalur lintas Riau-Sumbar dan sebaliknya sebelumnya juga dilaporkan putus total akibat longsor dan terbannya badan jalan yang terjadi di Provinsi Sumbar. Saat ini mayoritas masyarakat menggunakan jalur alternatif menuju Sumbar via Kiliran Jao, Kuantan Singingi, sejak Jumat pekan lalu (3/3).

Curah hujan tinggi terus diantisipasi oleh Pemerintah Provinsi Riau. Di Kampar, curah hujan tinggi serta limpahan air dari Provinsi Sumbar dilaporkan mulai menggenangi sejumlah desa.

Selain Kampar, banjir juga terjadi di empat kabupaten lainnya di Riau seperti Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hulu dan Indragiri Hulu.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait