Lantik Pengurus IKMBD 2017– 2021, Ini Harapan dan Pesan Wako Zul AS

956 views

Suasana acara pelantikan pengurus baru IKMBD oleh Walikota Dumai.

DUMAI (LintasRiauNews) – Gedung Sintani di Jalan Kaharuddin Nasution. Jayamukti. Kota Dumai, Sabtu (15/4). dipadati kalangan masyarakat Suku Batak yang ada di kota pelabuhan ini. Mereka ramai berkumpul pada hari itu guna menghadiri acara pelantikan kepengurusan IKMBD (Ikatan Keluarga Masyarakat Batak Dumai) yang baru.

Pelantikan kepengurusan IKMBD periode 2017– 2021 di bawah kepemimpinan Ir Parluhutan Harianja selaku ketua baru terpilih itu memang tampak agak istimewa dan berlangsung cukup semarak. Maklum, pelantikan pengurus organisasi etnis satu ini dilakukan langsung oleh Walikota Dumai H Zulkifli AS.

“IKMBD ini adalah organisasi sosial yang diharapkan dapat menghimpun dan mengayomi seluruh masyarakat Batak Kota Dumai,. Untuk itu, kepada jajaran pengurus diharapkan hendaknya dapat memenej IKMBD dengan baik,” kata Zul AS dalam pidato sambutannya di hadapan para hadirin.

Menurut walikota, apabila jajaran pengurus IKMBD dapat memenej organisasi dengan baik, maka secara otomatis ini sudah mendukung program pemerintah. Apalagi, IKMBD ini juga menaungi perkumpulan berbagai marga suku Batak yang mencakup 85 Persahutaon (STM).

“Wadah perkumpulan ini sangat besar oleh karenanya jika ini dapat dimenej tentu hal itu sudah mendukung program Pemerintah.” jelas Zul AS.

Walikota juga berharap seluruh masyarakat Batak Kota Dumai mendukung kepengurusan IKBD yang baru, begitu pula dengan program-program yang dibuat.

“Dalam hal ini pesan saya mari bekerja sama dan berikan dukungan kepada kepengurusan yang sudah di lantik, karena organisasi ini milik kita semua. Saya yakin jika masyarakat Batak Kota Dumai mendukung dari program – program yang di buat oleh kepengurusan maka secara otomatis Dumai akan kondusif,” ungkap Zul AS.

Dalam kesempatan itu, Walikota juga menyinggung masalah air bersih. Zul As menyebut air bersih adalah suatu program yang paling penting untuk Kota Dumai. “Dan program ini adalah program jangka pendek,” katanya.

Wako Zul menyerahkan bendera organisasi IKMBD kepada Ketua yang baru .

Sementara Ketua IKMBD Kota Dumai Ir. Parluhutan Harihanja mengungkapkan dirinya akan berupaya mengemban kepercayaan masyarakat Batak di kota ini dengan sebaik-baiknya. Di bawah kepemimpinannya selama 4 tahun ke depan, ia telah mempersiapkan sejumlah rencana program IKMBD.

Salah satunya yakni menumbuhkembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di tengan masyarakat Suku Batak. “Seperti pembuatan ulos, sebagai salah satu perlengkapan adat budaya milik masyarakat Batak dan perlu dilestarikan,” kata Harianja dalam kata sambutannya.

Selain itu, dia menyebut pihaknya akan coba menjalin kerjasama dengan salah satu instansi yakni Disnaker. Tujuannya agar bisa sesering mungkin diadakan pelatihan – pelatihan bagi masyarakat Batak sehingga menjadi tenaga kerja yang terampil dan siap pakai.

“Kita berharap agar IKMBD dijadikan mitra oleh berbagai instansi pemerintah. Begitu pula seluruh perusahaan – perusahaan yang ada di Kota Dumai. Sehingga kalau sudah demikan, kita tentu bisa bekerjasama mensukseskan progam pemerintah.,” paparnya.

Selain itu, Harianja juga mengajak seluruh masyarakat Batak yang ada di Kota Dumai untuk bersama – sama membangun daerah ini. “Kita berharap Bapak Walikota hendaknya bersedia pula melibatkan IKMBD untuk bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatan dan program pembangunan yang digulirkan Pemko Dumai,” pungkasnya. [] sarmon/ toga.

Bagikan ke:

Posting Terkait