Hadir Pembukaan MTQ Kecamatan Pekanbaru Kota,Asisten I Sekdako Pekanbaru Azwan, Ini Pesannya..

443 views

 

PEKANBARU,LintasRiauNews.com — Pemerintah Kota Pekanbaru yang diwakili Asisten I Sekdako,Drs.H.Azwan,M,Si membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke 53 tingkat kecamatan Pekanbaru Kota,yang dipusatkan di Masjid Paripurna Al Falah Darul Muttaqin Kecamatan Pekanbaru Kota,Jalan Sumatera,Sabtu (20/03/2021)

Kegiatan yang bertemakan: Dengan MTQ Kota Pekanbaru Ke 53 kita wujudkan insan yang qurani dan tangguh dimasa pandemi menuju Pekanbaru Smart City Madani,pada acara pembukaan diawali pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Aisyah Qoriah tingkat anak-anak terbaik tingkat Nasional asal Kelurahan Simpang Empat Kecamatan Pekanbaru Kota,

Acara pembukaan MTQ dihadiri,Asisten I Sekdako,Drs.H.Azwan,M,Si Camat Pekanbaru Kota Nurhasminsyah,S,STP,M.Si,Forkopimcam,para Lurah, LPM, se Kecamatan Pekanbaru Kota,Ketua PC BKMT Pekanbaru Kota,Ermaneli,Ketua Yayasan Masjid Paripurna Al Falah Darul Muttaqin,Drs H Wan Abu Bakar,Ketua Masjid Al Falah Darul Muttaqin,Asyari Nur dan para RT/RW serta Pengurus Mushalla serta Masjid se Kecamatan Pekanbaru Kota.

Asisten I Sekdako,Drs.H.Azwan,M,Si mengatakan kegiatan MTQ  ini bukan untuk ajang  mencari peserta atau kalifah dan juara tetapi melalui MTQ ini kita diharapkan mampu untuk diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari agar mencapai keberkahan dari Allah SWT.

Selain itu kita harapkan dengan melalui MTQ dapat menjadi syiar untuk mengembangkan Al-Qur’an ditengah masyarakat,” tegasnya.

Melalui MTQ ini Azwan mengajak seluruh masyarakat untuk menyatukan tekad mendekatkan diri dengan Al Quran, melalui gerakan membaca Al Quran usai Shalat Maghrib atau tradisi Maghrib mengaji.

Magrib mengaji merupakan bagian dari usaha Pemerintah Kota Pekanbaru untuk mewujudkan Pekanbaru Smart City Madani dengan salah satu programnya yakni berdirinya Masjid Paripurna Kelurahan dan Kecamatan.

Tujuan pemerintah kota Pekanbaru mendirikan masjid paripurna tersebut untuk mengembalikan fungsi Masjid menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Segala permasalahan masyarakat, seperti masalah sosial, kesejahteraan, pendidikan dan juga lembaga ekonomi dibahas di masjid.

Masih kata Azwan, nantinya Masjid Paripurna diharapkan menjadi contoh dan model bagi masjid – masjid yang ada disekitarnya ,seperti menjalankan maghrib mengaji,selain itu mendirikan pustaka,klinik kesehatan dan Koperasi Syariah.

Diakhir sambutanya Azwan mengingatkan walaupun di tengan pandemi, kegiatan MTQ ini bisa tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan kepada panitia pelaksana, official maupun peserta, serta pihak yang terlibat, agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes) mencegah Covid -19,”himbaunya

Terpisah Camat Pekanbaru Kota,Nurhasminsyah,S,STP,M.Si saat di jumpai awak media lintasriaunews.com usai acara pembukaan sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh komponen masyarakat, Panitia Kecamatan, Pengurus Yayasan dan
pengurus masjid serta seluruh pihak yang ada  di Kecamatan Pekanbaru Kota untuk mensukseskan MTQ tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota.

Nurhasminsyah menjelaskan bahwa kegiatan MTQ Kecamatan ini merupakan seleksi utusan pemenang dari MTQ tingkat Kelurahan dan ditambah dari LPTQ tingkat Kecamatan,yang tidak ikut seleksi MTQ tingkat Kelurahaan.

Sementara di Kecamatan Pekanbaru Kota,LPTQ ada binan – binaannya,sedangkan MTQ tingkat Kelurahan pesertanya adalah warga Kelurahan setempat,”tutunya

Para peserta MTQ tingkat Kecamatan yang berhasil meraih juara pertama akan kembali bertanding di tingkat Kota Pekanbaru mewakili Kecamatan Pekanbaru Kota.

Sedangakan LPTQ akan dilakukan lagi penyeleksian dari KUA Kecamatan Pekanbaru Kota,hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila mana ada para peserta MTQ perwakilan Pekanbaru Kota,nantinya ada yang berhalangan tidak bisa mengikuti seleksi MTQ tingkat Kota Pekanbaru ,yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada akhir Maret 2021.

Dan bagi peserta yang belum beruntung mendapatkan juara di MTQ tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota agar jangan berkecil hati dan berlatih lebih giat lagi untuk menghadapi MTQ di tahun depan,”tutup Camat Nurhasminsyah ** (Doni Saputra)

Bagikan ke:

Posting Terkait