Upacara Adat dan Penobatan Datuk 50 dan Pengukuhan Perangkat Datuk lima Puluh Sukses Ikatan Keluarga Besar Keturunan Datuk Lima puluh Kesultanan Siak Sri Indrapura(IKBKD50KSSI) Dumai

855 views

 

DUMAI,LintasRiauNews.com–Walikota Dumai H PAISAL SKM MARS yang diwakili oleh staf Ahli Afrilagan menghadiri upacara adat dan penobatan sekaligus pengukuhan perangkat Keturunan Datuk lima puluh kesultanan Siak Sri Indrapura yang bertempat di gedung lembaga adat Melayu jalan Putri Tujuh Dumai pada Sabtu,19 Maret 2022.

Upacara adat penobatan sekaligus pengukuhan Datuk lima puluh keturunan kerajaan Siak Sri Indrapura tersebut diselenggarakan oleh ikatan keluarga besar keturunan Datuk lima puluh kesultanan Siak Sri Indrapura(IKBKD50KSSI) di Kota Dumai.

Penobatan Datuk Sri junjungan lima puluh DR H M YUSUF SH MH sebagai pimpinan tertinggi ,resmi dinobatkan untuk Kota Dumai.

Pada kesempatan yang sama Panglima Besar DR H.Awaluddin yang kerap dipanggil PANGLIMO Gedang sebagai keturunan kesultanan Siak Sri Indrapura Datuk 50 juga menerima Surat Wasiat sebagai Panglima besar setia amanah di Ikatan Keluarga Besar Datuk 50 kesultanan Siak Sri Indrapura.

Dalam sambutan staf ahli Afrilagan. SH. MH. mengucapkan selamat atas penobatan dan pengukuhan keturunan Datuk 50 Kesultanan Siak Sri Indrapura.

Upacara adat istiadat ini dapat dilestarikan dan dapat mengangkat sejarah khususnya kerajaan Sri Indrapura .
Pemerintah Kota Dumai berharap kepada keturunan kesultanan Siak Sri Indrapura agar dapat berpartisipasi bagi pembangunan Kota Dumai ucap affrilagan.

Dalam sambutan Datuk 50 Kota Dumai DR H.M YUSUF SH MH memberikan apresiasi kepada pemerintahan Kota Dumai dan beberapa pihak yang telah menyelenggarakan acara besar ini.

Setelah selesai upacara penobatan maka keseluruhan daripada datuk-datuk dan semua yang hadir makan bersama dengan makan berjamu dan dihidangkan dengan khas masakan masakan Melayu.

Panglimo Besar Setia Amanah juga mengingatkan Pemerintah Pusat dalam bagi hasil (DBH) minyak bumi yang ada dikawasan Dumai khusus nya Riau benar benar berkomitmen dalam pembagian keuntungan.
Kami mau nya 50:50 untuk pembagian keuntungan Pusat dan Riau.
Mengenai pekerja Yang direkrut oleh Pertamina Hulu Rokan(PHR)seharus Pertamina Hulu Rokan harus bersifat terbuka dalam perekrutan tenaga kerja .
Kami nantinya akan mengawal ini ucap PANGLIMO Besar Setia Amanah Gedang ke tim awak media.

Terima kasih Juga kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksana nya acara penobatan Datuk 50 Kesultanan Siak Sri Indrapura Kota Dumai ini ucap PANGLIMO Besar Setia Amanah Gedang.

Acara ini tetap menerapkan protokol kesehatan COVID 19 anjuran Pemerintah dengan menjaga jarak, cuci tangan dan pakai masker**(toga)

Bagikan ke:

Posting Terkait