Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia

325 views

 

BANDUNG,LintasRiauNews.com – Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional Republik Indonesia yang lahir pada 28 Oktober 1928. Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, Bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi. Diantaranya sebagai lambang identitas nasional  dan alat penghubung antar budaya dan antar daerah.

Tidak sedikit pemuda-pemudi yang bertanya-tanya akan manfaat dari belajar Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia bukan hanya sekadar pelajaran baca dan tulis untuk berkomunikasi dengan sesama masyarakat Indonesia. Jangkauan pembelajaran Bahasa Indonesia sangat luas, lebih dari yang kita bayangkan.

Pelajaran Bahasa Indonesia juga tidak mengenal tingkat pendidikan. Dari tingkat Pendidikan Dasar hingga Perguruan Tinggi diharuskan untuk mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin dalam pula materi pembelajaran yang harus dipelajari.

Saat ini, saya menempuh pendidikan di kampus Universitas Advent Indonesia, Bandung Barat.

Salah satu mata kuliah umum yang wajib diikuti oleh para Mahasiswa adalah mata kuliah Bahasa Indonesia. Dalam mata kuliah ini, Ibu Susri Inarti mengajarkan kami untuk mengenal lebih dalam mengenai teks artikel ilmiah, baik dari segi susuan penulisan, pemilihan kata dan masih banyak lagi.

Para mahasiswa juga dibimbing untuk membuat teks artikel ilmiah dan ulasan teks artikel ilmiah. Hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk membantu kelancaran pembuatan tugas akhir berupa skripsi atau artikel ilmiah. Untuk sampai di titik pembelajaran ini, tentu saja kita harus mengetahui ilmu Bahasa Indonesia dasar yang sudah dipelajari di tingkat pendidikan sebelumnya.

Bahasa Indonesia tidak akan pernah habis untuk dipelajari. Di era yang semakin maju ini, sudah banyak media online yang juga memberikan edukasi mengenai belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Maka dari itu, sudah harus tertanam dalam pikiran kita akan pentingnya belajar Bahasa Indonesia untuk kemudahan hidup kita di kemudian hari. **

Penulis :
Octavian, Mahasiswi Semester 4 Universitas Advent Indonesia (Program Studi Akuntansi)

Bagikan ke:

Posting Terkait