Bangkitkan Budaya Melayu, Muflihun PJ Walikota Resmi Buka Petang Balimau Budaya kota Pekanbaru

204 views

 

PEKANBARU,LintasRiauNews.com — Petang Balimau merupakan Tradisi masyarakat kota Pekanbaru, dan Pemerintah dalam memeriahkan memasuki Bulan Suci Ramadhan.

Kali ini pelaksanaan memeriahkan Petang Balimau, jatuh pada hari Rabu (22/03/2022) dengan lokasi di area Rumah SinggahTuan Kadi yang terletak ditepian Sungai Siak kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Semarak menyambut Ramadhan 1444 H/2023, dengan semangat membangkitkan Budaya Melayu. Tampak terlihat, Muflihun, S., STp, M.AP bersama Istri tercinta Raja Rika Mustafa Muflihun,SM, didampingi Indra Pomi Nasution, ST Sekretaris Daerah serta Dewan Perwakilan Daerah (DPRD), Forkopimda Pekanbaru dan Provinsi Riau memasuki lokasi area pelaksanaan Petang Balimau disambut permainan Silat.

Acara dibuka diawali dengan Permainan masyarat yakni : congkak, Tali Gasing, Engrang, Tam-tam Buku dan permainan lainnya yang dibawakan oleh Siswa/i Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Pekanbaru dan tari Persembahan, tampak terlihat Muflihun PJ Walikota, turut asik memainkan Permainan Gasing

Usai permainan masyarakat yang dibawakan siswa/i didik SD Negeri 3 Pekanbaru, dan tarian persembahan dilanjutkan dengan pembacaan doa, Ketua Panitia, dan kata sambutan dan Panitia dilanjutkan kata sambutan yang disampaikan Muflihun PJ Walikota Pekanbaru Provinsi Riau.

” Tahun 2006-2011 lalu, seluruh Camat di Kecamatan yang ada di Pekanbaru hampir seluruhnya mengikuti kegiatan Budaya Melayu, namun kali ini yang tampak terlihat hanyalah kecamatan Senapelan yang terlihat ikut. Sehingga tidak mencerminkan Budaya kota Pekanbaru, diharapkan tuan rumah bisa budayakan, lestarikan Petang Balimau.”.ucap Muflihun PJ Wali kota Pekanbaru

Esok memasuki hari Ramadhan 1444 H/2023, apresiasi teruntuk masyarakat dan pemerintah Pekanbaru, Anggota Dewan serta Pemerintah Provinsi Riau yang turut memuemarakkan petang Balimau sore ini. Semoga Budaya Melayu Petang Balimau, tidak hanya sampai disini saja, melainkan dapat dijadikan menjadi sebuah Iven ditingkat Provinsi dan bahkan Nasional. tambah Muflihun

Diminta Kepala Dinas Pekanbaru, kedepannya dapat menjadikan Permainan Masyarakat dapat dijadikan perlombaan untuk mengingatkan kita akan tradisi kita terdahulu seperti halnya Permainan Congkak, Tali dan Gasing. Pinta PJ Walikota Pekanbaru

Diakhir Muflihun PJ Walikota Pekanbaru, mengajak masyarakat dan pemerintah untuk sama-sama kita memberaihkan diri dengan mengikuti tradisi kita dengan mandi Balimau, agar diri kita bersih, serta mari kita mengisi mesjid untuk mengikuti Ibadah puasa yang kita jalani selama satu bulan ini nantinya di Bulan Suci Ramadhan 1444 H/2023 M.

Usai kata sambutan, Muflihun, S.STp, Map didampingi Raja Ila lita Muflihun Istri tercinta beserta Indra Pomi Nasution Sekdako dan Forkopimnda lainnya, melakukan pemukulan beduk bersama serta memandikan anak Yatim dengan memberikan Santunan sebagai simbolis pelaksanaan Petang Balimau…** (ismail Sarlata)

Bagikan ke:

Posting Terkait