Masyarakat Lampung Provinsi Riau (PERMAS LAMPRI) Gelar Kegiatan Peduli Berbagi Dan Buka Bersama

215 views

 

 

PEKANBARU,LintasRiauNews.com — Masyarakat yang tergabung dalam Persaudaraan Masyarakat Lampung Provinsi Riau (PERMAS LAMPRI) menggelar Kegiatan Peduli Berbagi Dan Buka Bersama yang dilaksanakan di Jalan Khairudin Nasution Keluranhan Simpang Tiga Pekanbaru Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru,Senin (10/04/2023)

Kegiatan yang tersebut dihadiri,Dewan Penasehat DPP Permas Lampri H. Sugianto, SH, MH yang juga anggota DPRD Provinsi Riau dari Fraksi PKB,Sekretaris DPP Permas Lampri Deni Angga Saputra,selain itu turut juga hadir Pengurus DPD Permas Lampri Kabupaten Indra Girihil, Pengurus DPD Permas Lampri Kabupaten Indra Giri Hulu, Pengurus DPD Permas Lampri Kabupaten Kuansing, Pengurus DPD Permas Lampri Kabupaten Kampar, Pengurus DPD Permas Lampri Kabupaten Rokan Hilir, Pengurus DPD Permas Lampri Kabupaten Pelalawan, Pengurus DPD Permas Lampri Kabupaten Rokan Hulu,dan Pengurus DPD Permas Lampri Kota Pekanbaru.

Kegiatan yang bertemakan Peduli Berbagi di bulan Ramadhan 1444 H,diisi dengan pemberian santuan anak yatim,pembakian paket sembako kepada anggota Permas Lampri di berbagai daerah yang diserah melalui perwakilan Permas Lampri Kota dan Kabupaten,dilanjutkan dengan tausiah agaman dan ditutup dengan buka bersama.

Ketua Umum DPP Permas Lampri, Sunaryo Salamun yang diwakili Sekretaris Jendral DPP Permas Lampri Deni Angga Saputra dalam sambutan manyampaikan bahwa kegiatan Peduli Berbagi agar terus dijaga,kalau bisa juga dilaksanakan diluar bulan Ramadhan,tujuannya agar silaturahmi dan rasa persaudaraan sesama anggota Permas Lampri terjalin erat.

Semoga melalui kegiatan Peduli dan Berbagi ini diharapkan bisa menjadi perekat dalam hubungan antara anggota Permas Lampri,dan kami berharap kita dapat berbaur dengan masyarakat dilingkungan kita,sehingga  keberadaan masyarakat asal Lampung yang ada di Riau bisa bermanfaat dalam membangunan provinsi Riau

Alhamdulillah Dewan Pembina Permas Lampri Bapak H. Sugianto, SH, MH satu – satunya warga asal Lampung menjadi anggota Dewan di Provinsi Riau,dan memelalu beliau warga Lampung di Riau menyalurkan aspirasi untuk membangun Riau ini,dan saat ini  perlu kita ketahu bersama bahwa Permas Lampri sudah terbentuk di 8 (delapan) Kabupaten/Kota di Provinsi Riau ada ribuan jumlah anggota Permas Lampri yang tersebar di 8 Kabupaten/Kota tersebut,dan ini adalah pontensi luar biasa untuk kita kembangkan dalam berbagai kegiatan di daerah masing – masing Permas Lampri”ucap Deni.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina DPP Permas Lampri H. Sugianto, SH, MH mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada panitia  Buka Bersama Permas Lampri,secara kasat mata buka bersama ini hanya sebatas untuk makan dan minum,namun sesungguhnya tidak demikian tetapi ada lebih mendekatkan rasa kebahtinan diantara kita warga asal Lampung yang ada di Riau.

Kalau hanya sekedear mencari air segelas dan nasi sepiring ngapain bapak ibu pengurus Permas Lampri harus jauh – jauh datang dari luar kota  Pekanbaru,yang menempuh jarak berjam jam,seperti  dari Kabupaten Inhil dan Kabupaten Rohil untuk sampai di pekanbaru jarak tempuh perjalanan memakan waktu 6 sapai 7 jam.

Akan  tetapi secara batin, kita hadir disini bukanlah demi air dan nasi saja tentunya, lebih banyak hal hal lain yang memicu kita untuk hadir yakni ikatan batin yang sudah lama terjalin sesuai motto Permas Lampri, Guyub, Rukun dan Santun,”ungakap Sugianto

Lebih lanjut Sugianto sedikit menceritakan tentang kondisi masyarakat Lampung,dahulu saat awalnya banyak vonis masyarakat umum  mengatakan bahwa orang Lampung jahat –  jahat, mindset inilah kita rubah.

Alhamdulillah lama kelamaan vonis itu mulai pudar dan hilang.Ini tentunya bukanlah kerja yang mudah, namun perlu kita lakukan dengan bukti bukti nyata kepada masyarakat Riau khususnya, kami Permas Lampari tetap menjunjung tinggi prinsip di perantauan “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung,”

Riau adalah rumah kami juga, jadi sudah berkewajibanlah kami Permas Lampari menjaga dan memelihara sekaligus membangunnya,” ungkap Sugianto yang akan bertarung pada 2024 mendatang untuk duduk di Senayan.

Di provinsi Riau kurang lebih ada 30 ribu jiwa warga Asal Lampung  tersebar di 12 Kota dan Kabupaten,Jika kita mau jujur,tambah Sugianto  banyak  di posisi – posisi strategis baik di Pemerintahan maupun Swasta yang dipimpin oleh orang yang berasal dari Lampung, mereka mengembang tugas di Riau, namun mereka belum mau bergabung ke Permas Lampari.Kita ambil hikmahnya saja, kita mulai dengan yang mau saja dulu, pelan – pelan kita ajak mereka untuk bergabung,”harapnya

Terpisah Ketua Panitia acara Pamuji saat ditemuai awak media ini usai acara mengatakan bahwa “Kegiatan Peduli  Berbagi ini adalah kegiatan rutin tahunan dari Permas Lampri. Ini adalah tahun ke 3 kami mengadakannya dengan sumber pendanaan dari donasi anggota Permas Lampri.

Alhamdulillah tadi kami Permas Lampri telah memberikan santunan sebanyak 20 anak yati/piatu,selain itu juga dibagikan sebanyak 70 paket sembako,dimana paket sembako tersebut akan dibagikan kepada warga Lampung yang ada Kabupaten/Kota di Provinsi Riau,tadi sudah diserahkan kepada Pengurus DPD Permas Lampri Kabupaten/Kota yang nantinya akan disalurakan kepada yang berhak menrimanya di daerah meraka masing – masing,”terang Pamuji.

Lebih lanjut dikatakan Pamuji bahwa Permas Lampri sebagai paguyuban masyarakat asal Lampung Provinsi Riau yang dibentuk dengan dasar nilai persaudaraan dan dijalankan dengan sistem gotong royong membantu sesama.

Kegiatan Peduli Berbagi di bulan suci Bersama Permas Lampri adalah sebagai bentuk dari nilai-nilai yang kita pedomani, terlebih dalam bulan suci Ramadhan dimana semestinya kita lebih meningkatkan dan mengasah rasa kepedulian sosial terhadap sesama.Pamuji berharap kegiatan ini menjadi perekat antar anggota Permas Lampri,”ucapnya **(ian)

 

 

Bagikan ke:

Posting Terkait