DPP LSM KIPPI Terbentuk, Terbuka Bagi Semua Insan Pers dan Pengusaha Pers

287 views

 

PEKANBARU,LintasRiauNews.com —Pembentukan dan sekaligus Rapat Perdana DPP LSM KIPPI (Komunitas Insan Peduli Pers Indonesia) yang diadakan di gedung komplek pergudangan Angkasa II kota Pekanbaru pada Senin (15/05/2023) sekira pukul 14:30 WIB berlangsung hikmat dan penuh saran dari beberapa anggota dan pengurus.

Dalam pertemuan yang dihadiri para pemilik media dan Pewarta serta masyarakat yang peduli pada pers itu, Nelson Hutahaean secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum dan Sampir bianto SE, menjabat sebagai wakil ketua, Mardius,S.Pd menjabat sebagai
Sekretaris serta Riddayani selaku bendahara.

Dalam rapat tersebut, Nelson yang juga salah seorang Pendiri LSM KIPPI mengutarakan latar belakang terbentuk nya perkumpulan insan yang peduli tentang pers ini adalah marak nya berbagai masalah yang di alami para awak media dari persoalan hukum,kesejateraan,ketidak adilan serta lain nya yang dialami para Pewarta.

Selain itu, dengan adanya PT perorangan yang sudah di programkan pemerintah dalam bidang perusahaan pers mengakibatkan timbulnya banyak perusahan pers baru yang butuh untuk dibina agar dapat ikut berkerja sama dengan pemerintah dalam jasa publikasi melalui Diskominfo di setiap daerah kabupaten maupun kota yang ada di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Lanjut Nelson Hutahean,salah satu maksud dan tujuan LSM KIPPI adalah ikut membantu pemerintah guna memberikan saran maupun kritik baik kepada perusahaan pers maupun pemerintah serta menyadarkan masyarakat penting nya mendukung pers selaku kontrol sosial yang sudah menjadi pilar ke empat dalam menegakkan tiang demokrasi.

“Diharapkan kepada para pengurus yang sudah terpilih agar berkomitmen meluangkan tenaga dan pikiran serta waktu guna menjalankan program – program kerja yang sudah di tentukan serta selalu aktif menjalani bidang kerja masing masing”,kata Nelson mengakhiri rapat pengurus.

Sementara itu usai mengikuti pembentukan dan rapat pengurus LSM KIPPI Saiful Lubis salah seorang pemilik perusahaan media mengatakan,perkumpulan insan peduli pers ini tampil beda dari organisasi pers yang ada. Pasal nya,ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi setiap anggota.

“Diantara berbagai program kerja yang ada yang paling menarik adalah diadakan nya pelatihan jurnalis setiap minggu bagi anggota yang ikut bergabung dimana hal ini sangat berguna bagi perusaahan pers yang baru memulai kegiatan usaha”,imbuh Saiful lagi.

Juga hal yang senada di ungkapkan Azhari Siregar,salah seorang Pemimpin Redaksi media online di kota Pekanbaru ini,bahwa LSM KIPPI membawa nuansa baru dalam perkembangan media di Indonesia.

Ditambahkannya, “Selain para perwarta yang ikut bergabung di LSM KIPPI juga masyarakat umum yang peduli pers turut serta menjadi anggota maupun pengurus dan mungkin LSM KIPPI ini adalah yang pertama dan tampil beda melakukan kontrol khusus tentang pers”,kata regar mengakhiri.**(lrs/red)

Bagikan ke:

Posting Terkait