Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Ditlantas Polda Riau Hadirkan Program Riau Tertib Berkeselamatan

90 views

 

PEKANBARU,LintasRiauNews.com — Dua pekan pelaksanaan kegiatan Program Riau Tertib Berkeselamatan 2023 Direktorat Lalu Lintas Polda Riau gencar melaksanaan berbagai kegiatan sosialisasi tentang tata tertib berlalu lintas yang di gelar. Secara serentak, baik Ditlantas Polda Riau maupun Satlantas jajaran.

“Alhamdulillah, dapat kami sampaikan selama pelaksanaan kegiatan Program Riau Tertib Berkeselamatan 2023 Ditlantas Polda Riau serta Satlantas Jajaran berhasil melaksanakan berbagai kegiatan dilapangan secara masif. Giat masif yg kita laksanakan dr giat edukasi, sosialisasi baik langsung kepada masyarakat, radio, televisi, media cetak, media sosial maupun media online, giat pengaturan, peneguran sampai dengan penegakan hukum melalui ETLE adalah cara kita dalam mengubah perilaku masy dalam berkendaraan dari perilaku tidak tertib ke perilaku tertib berlalulintas, guna mewujudkan keteraturan dan displin berlalu lintas yg endingnya yaitu dpt menurunkan angka kecelakaan serta fatalitas korban lakalantas.

Kegiatan edukasi Kamseltibcarlantas dilaksanakan secara langsung kepada pengendara , maupun kepada masyarakat yang terorganisir, komunitas motor, sekolah maupun masyarakat yang tidak terorganisir,” jelas Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK, MH Kepada rekan awak media.

Dari pantauan langsung dilapangan, Ditlantas Polda Riau maupun Satlantas jajaran terus secara masif menggelorakan kegiatan Riau Tertib Berkeselamatan, tampak terlihat spanduk himbauan tantang tata tertib berlalu lintas, bahkan terlihat diberbagai tempat strategis di jalan Protokol Kota Pekanbaru maupun di jalan yang ada di Kabupaten Kota yang ada di wilayah Provinsi Riau.

“Dalam program Riau Tertib Berkeselamatan 2023 ini, tema yang kita usung adalah ‘Riau Tertib, Zero Accident’ ” yang bersempena dalam menghadapi hari liburan panjang, perayaan natal 2023 serta tahun Baru 2024. Hal tersebut juga untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 guna menciptakan Kamseltibcarlantas yang aman, tertib dan lancar serta liburan akhir tahun yang berkesan” Jelas Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK, MH.

Sementara itu, kegiatan yang terus dilaksanakan hingga saat ini, tampak personil Ditlantas maupun Satlantas Jajaran memberi kan Helm Gratis, Leaflet, Brosur Himbauan keselamatan, berbagi botol minuman dan melaksanakan kegiatan himbauan Penling, Police Goes to School maupun Campus, Polisi Sahabat Anak (POLSANAK) yang dilaksanakan secara maraton.

Tidak sampai disitu saja, tampak personil Ditlantas juga melakukan penindakan peneguran secara humanis kepada pengendara yang melakukan pelanggaran secara kasat mata, seperti melanggar arus, tidak menggunakan helm, menggunakan Handphone saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, penindakan hukum dilakukan langsung menggunakan Camera ETLE Mobile Handheld.

“Dua pekan berjalan program Riau Tertib Berkeselamatan 2023 ini, kita juga mengoperasikan ETLE Mobile yang dipasang di mobil patroli yang secara otomatis mengcapture setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor. Kegiatan ini rutin kita laksanakan guna meningkatkan kesadaran pengendara agar lebih tertib dalam berlalu lintas, tentunya program terobosan ini hasil yang di capai tidak signifikan, namun cukup berdampak baik kepada masyarakat.” Jelas Dirlantas Polda Riau.

Adapun capaian hasil dari pelaksanaan kegiatan Riau Tertib Berkeselamatan 2023 selama dua pekan tersebut. Seperti pelaksanaan penindakan dengan tilang kepada pengendara pelanggar aturan lantas sebanyak 1.790 tilang , sedangkan kegiatan penindakan dengan peneguran sebanyak 14.877 peneguran.

Untuk giat sosialisasi melalui media cetak sebanyak 721 giat dan elektronik sebanyak 1.370 giat, kegiatan sosialisasi melalui media sosial 45.467 giat, kegiatan sosialisasi melalui pemasangan spanduk sebanyak 903 giat, penyebaran Leaflet sebanyak 16.046 lembar, stiker himbauan sebesar 13.367 lembar, pemasangan baliho himbauan di titik-titik jalan yang strategis sebanyak 176 buah spanduk.

“Lebih lanjut bisa kami jelaskan bahwa, kegiatan Riau Tertib Berkeselamatan 2023 yang masih berlangsung saat ini, kita harapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat Riau untuk tertib dalam berlalu lintas dan mampu menciptakan budaya tertib di tengah masyarakat Riau secara berkesinambungan.
” Harapan “ Kami dari Ditlantas Polda Riau kembali menyampaikan Himbauan, ayok kita bersama sama untuk membangun budaya tertib dalam berlalu lintas guna tercipta nya lalu lintas yang aman, tertib dan lancar serta zero accident” tutupnya. ** (rilis/dedy)

Bagikan ke:

Posting Terkait