Polda Riau Gagas Deklarasi Pemilu Damai 2024 bersama Ribuan Generasi Z Se-Provinsi Riau

35 views

 

 

PEKANBARU,LintasRiauNews.com — Polda Riau bersama ribuan generasi Z ( Gen Z ) yang merupakan pemilih muda Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang dilaksanakan di Hotel Labersa, Selasa (06/02/2024).

Acara yang diinisiasi oleh Polda Riau beserta satuan kerja Polda tersebut mengusung tema ” Deklarasi Pemilih Muda Cerdas Menuju Pemilu Damai 2024 ” dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, Gubernur Riau diwakili Kadispora Riau, Wakapolda Riau, Danrem 031/Wb diwakili Kasipers, Forkopimda Riau, Ketua KPU Riau, Ketua Bawaslu Riau, Dirnarkoba Polda Riau, Dirkrimum Polda Riau, PJU Polda Riau serta ribuan perwakilan pelajar SMA, SMK dan MA se – Provinsi Riau.

Di Ketahui bersama bahwa 52% pemilih dalam pemilu 2024 mendatang adalah pemilih pemula yang harus berkontribusi dan paham dengan politik dan teknologi sehingga nanti dapat menggunakan hak pilih pada pencoblosan di tanggal 14 februari 2024.

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal dalam sambutannya menyampaikan, bahwasanya Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) merupakan salah satu negara yang mempunyai system demokrasi.

” Demokrasi yaitu kedaulatan ditangan rakyat, semua menuju untuk kepentingan rakyat, oleh karena itu dalam ke tata negaraan demokrasi sangat penting, dan pada saat ini kita berada pada tahap pesta demokrasi.

” Pemilu tahun 2024 ini akan dilaksanakan secara serentak baik pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kota.Oleh karena itu, kepada pemilih pemula harus ikut dalam system ke tata negaraan untuk memberikan hak pilihnya, karena hak suara menjadi hak konsitusi setiap warga negara” ucap Kapolda Riau

” Generasi Z merupakan generasi penerus bangsa maka dari itu generasi Z harus dikelolah dengan baik. Kalau tidak kita kelolah dengan baik tentunya itu akan menjadi bencana demokrasi. Menurut data piar sosial populasi indonesia 70% pengguna internet didominasi oleh kelompok mileneal ( Gen Z )” Ujar Irjen Iqbal

” Hal ini bisa menguntungkan dan merugikan, oleh karena itu selalu hati-hati dengan internet, kelola dengan baik dan jangan menyebar Hoax apalagi tentang Pemilu ini” Tambahnya

Irjen Iqbal juga mengajak untuk menggunakan hak pilih secara cerdas, dan berharap deklarasi ini bukan hanya mengumpulkan generasi Z. melainkan untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu nanti.

Usai Sambutan Kapolda riau, Selanjutnya 10 pelajar sebagai perwakilan dari sekolah menengah atas se – Provinsi Riau membacakan deklarasi pemilih cerdas menuju pemilu damai 2024 dengan di ikuti suarang lantang Para Peserta Deklarasi, adapun isi deklarasi tersebut adalah :

  1. Ikut bersama-sama mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
  2. Menjunjung tinggi integritas diri agar tidak terpengaruh dengan berita propokasi di media sosial.
  3. Berpartisipasi aktif untuk menggelorakan demokrasi yang cerdas, sehat dan tampa Hoax didalam lingkungan sekolah.**(lrs/dedy)

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan ke:

Posting Terkait