President University Meluncurkan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Dengan Acara Kick Off Yang Menginspirasi

23 views

 

 

PEKANBARU,LintasRiauNews.com — President University menghadirkan momentum bersejarah dengan menggelar acara Kick Off yang mengesankan untuk memperkenalkan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Pekanbaru. Acara ini dihadiri oleh Kepala LLDIKTI IV, Kepala LLDIKTI X, Staf Ahli Mendikbud Ristek Bidang Inovasi, Rektor President University, para kepala sekolah SMA di Pekanbaru, serta berbagai pihak terkait untuk merayakan tonggak penting dalam memperluas akses dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Riau.

“ Tema yang dihadirkan adalah “Peran inovasi dalam membentuk pemimpin masa depan”.

PSDKU merupakan inovasi revolusioner yang bertujuan membawa pendidikan tinggi berkualitas ke luar kampus utama, menciptakan peluang belajar yang lebih terjangkau dan inklusif bagi masyarakat setempat. Melalui program ini, President University berkomitmen untuk memberikan akses terhadap pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa mengorbankan standar mutu.

Acara Kick Off ini menampilkan serangkaian pembicara utama yang memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya dan dampak positif dari program PSDKU dan peranannya dalam membetuk pemimpin masa depan, di antaranya :

Bapak Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU Selaku Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV (LLDIKTI IV), memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya peranan perguruan untuk melatih dan menghasilkan Future leader, atau pemimpin sejati di masyarakat adalah tentu nya orang yang bisa menjadi role model dan terdepan dalam segala bidang.

Dr Samsuri mengatakan “Jadi mahasiswa bukan hanya lulus kuliah lalu mencari pekerjaan, itu terlalu kecil.

Tetapi, ketika mereka kuliah, mereka sudah dibentuk menjadi pemimpin masa depan. Mudah-mudahan hadir nya President University di Riau ini betul-betul bisa mendongkrak kualitas pendidikan di Riau”. Harapan Kepala LLDIKTI X semoga President University sukses dan sukses juga anak-anak didik di Riau untuk bisa menjadi role model dan mampu bersaing dalam era global,”ujar Dr Samsuri

Selain Dr Samsuri narasumber selanjutanya Ibu Afdalisma, SH, M.Pd selaku Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X (LLDIKTI X) Ibu Afdalisma membahas tantangan khusus yang dihadapi dalam pengembangan PSDKU di wilayah X ini serta dukungan yang diharapkan dari Perguruan tinggi.

Perguruan tinggi wajib mencari inovasi-inovasi baru, bagaimana proses pembelajaran nya bisa diterima/sesuai zaman. Beliau memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan selamat kepada President University yang sudah berkenan mendirikan PSDKU nya di wilayah 10. Kehadiran President University akan memacu universitas lain untuk tumbuh kembang bersama dan bergerak ke arah kualitas yang lebih baik (akreditasi unggul).

Kepala LLDIKTI X menyampaikan bahwa President University bertanggungjawab secara moril, menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten atau bisa di terima dunia industri. Dimana tidak ada angka pengangguran nya. Para mahasiswa/i dibentuk dan dibekali kompetensi dan skill, sehingga saat lulus nanti mereka siap diterima oleh seluruh lapisan masyarakat, mereka siap untuk menjadi agen perubahan dari setiap persoalan masyarakat yang sekarang makin komplex.,”tutur Afdalisma, SH, M.Pd

Usai penyampaian Ibu Afdalisma, SH, M.Pd selanjutnya, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto selaku Staf Ahli dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, memberikan wawasan bagaimana memenuhi gap yang ada saat ini untuk menciptakan lulusan-lulusan yang professional dan wirausaha tingkat tinggi.

Beliau menekankan, ibarat kita ingin mengajari orang berenang, President University punya wewenangnya. Kehebatan President University, karena terletak di tengah kawasan industri yg terbesar di asia tenggara, Jababeka serta ada 8 kawasan industri di sekitaran jababeka  yg menyumbang lebih dari 50 % APBN.

Prof. Joni menambahkan “Jika mahasiswa ingin menjadi enterpreneur, jika ingin belajar, ada kolam renangnya. Karena banyak kampus hanya mengajari teori berenang, tapi tidak pernah masuk kolam renang. Saya yakin dengan hadirnya President University di riau ini akan muncul enterpreneur dan profesional-profesional yang hebat”.

Riau merupakan salah satu provinsi yang cukup kaya dengan hasil bumi berupa migas, hasil perkebun kelapa sawit. Sektor unggulan Riau adalah sektor pertambangan dan penggalian, serta industri pengolahan. Jadi di riau potensi nya besar sekali. Imbuhnya “Segala niat yang baik, didukung dengan doa, akan diberkati yang maha kuasa, dan akan menghasilakn yg baik juga”.

Pesan Prof. Joni agar jangan sampai kualitas President University yang di Cikarang berbeda dengan Pekanbaru. Dari segi kualitas harus sama bahkan lebih baik lagi. Karena di sini ibarat anak,ini adalah anak pertama President University, semua sumber daya kita berikan pada anak pertama,”papar Prof. Joni

Dinarti Tarigan, B.B.A., M.B.A selaku Direktur PSDKU President University sangat mengapresiasi dukungan luar biasa yang diberikan oleh LLDIKTI dan para kepala sekolah. Harapannya, PSDKU President University Pekanbaru mampu menjadi wadah yang menghasilkan SDM yang berkualitas di Pekanbaru, serta turut berkontribusi dalam mencetak generasi penerus yang unggul dan berdaya saing.

Tidak hanya itu, antusiasme dari para kepala sekolah terhadap beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh President University sangatlah tinggi, serta berbagai inisiatif lainnya yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan di Riau. ,”kata Dinarti Tarigan, B.B.A., M.B.A selaku Direktur PSDKU President University yang disampaikannya melalui rilis ke redaksi LintasRiauNews.com Rabu (27/03/2024)

Acara ini juga menjadi momentum untuk merayakan kerjasama yang kuat antara President University, pemerintah, para kepala sekolah SMA dan masyarakat Riau dalam membangun fondasi pendidikan yang tangguh dan inklusif di Riau.**(ian)

 

 

 

Bagikan ke:

Posting Terkait