‘Riau Menyapa Dunia’ Tanpa Istana Siak, Bupati Syamsuar Kecewa dengan Pemprov

1153 views

Istana Siak

SIAK SRI INDRAPURA (LintasRiauNews) – Meski Istana Asserayah Hasyimiah yang populer dengan sebutan Istana Siak termasuk sebagai salah satu warisan budaya nasional. toh tidak dimasukkan dalam iven pariwisata Provinsi Riau tahun 2017, yang dikemas dengan slogan “Riau Menyapa Dunia”.

Sebagaimana diketahui, Istana Siak meupakan peninggalan kerajaan Melayu dan menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Dikabarkan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam waktu dekat menetapkan Istana Siak salah satu warisan budaya nasional.

Syamsuar

Menyikap tidak masuknya Istana Siak sebagai salah satu iven pariwisata dalam program kepariwisataan yang digulirkan Pemerintah Provinsi Riau itu sangat disayangkan oleh Bupati Siak H Syamsuar. Dia mengaku kecewa dengan kebijakan Pemprov Riau tersebut yang seolah menilai Istana Siak tidak layak jual dalam kalender pariwiisata ‘Riau Menyapa Dunia’.

Padahal, menyurut Syamsuar, istana yang berdiri kokoh di pusat ibukota Kabupaten Siak itu memiliki sejarah yang sangat istimewa bagi masyarakat Melayu. Sebab, dari kerajaan yang didirikan tahun 1889 itulah, sejarah Melayu dimulai.

“Kemaren, waktu pulang dari Bandung, di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru saya lihat spanduk besar bertulis “Riau Menyapa Dunia”, ada beberapa foto yang dipajang, tapi sayangnya tak ada Istana Siak. Kalau ini tak dipromosikan ke mancanegara, tentu orang luar tak tahu Istana Siak yang merupakan sejarah orang Melayu di Riau ini,” paparnya, Jumat pekan lalu, seperti dilansir goriau.com.

Sementara, lanjut dia, pihak sudah berupaya untuk mempromosikan Istana Siak ini bisa dikenal dunia. “Tentunya usaha kita ini kurang maksimal jika tak didukung penuh oleh Pemprov Riau dan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Siak Hendrisan menambahkan, pihaknya sudah berupaya berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Riau agar memasukkan Istana Siak menjadi bagian dari iven pariwisata “Riau Menyapa Dunia”.

“Namun, Dinas Pariwisata Riau beralasan tujuan wisata yang masuk kalender Riau itu berupa iven budaya dan olahraga yang dapat menggaet turis lokal maupun mancanegara datang ke Riau,” jelasnya.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait