Banjir di Kabupaten Rohul Meluas

964 views

PEKANBARU – Tak hanya di Kuansing dan Kampar, banjir besar juga melanda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau dalam tiga hari belakangan. Sampai kini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polri dan instansi lainnya masih melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak bencana tersebut.

Kapolres Rohul, AKBP Pitoyo Agung Yuwono, kepada GoRiau.com Kamis (11/2/2016) siang mengatakan, sampai tadi malam proses evakuasi masih berlanjut, khususnya di daerah Kunto Darussalam dan Bonai Darussalam. Polisi bahkan mengerahkan enam perahu karet berdaya angkut 10 orang.

“Sebagian daerah yang terkena banjir sudah mulai surut, yang jadi fokus kita di dua daerah itu. Disana ketinggian air masih mencapai 1,5 meter. Sejak tadi malam BPBD, kepolisian dan instansi terkait lainnya sudah mengevakuasi warga ke tempat yang aman, Pemda juga sudah membuat dapur umum,” sebutnya.
Selain itu, akses jalan yang sebelumnya tak bisa dilewati akibat banjir juga telah ditangani cepat. Pemerintah Daerah (Pemda) Rohul juga tengah memperbaiki beberapa jembatan yang sebelumnya rusak tergerus derasnya air. “Sisanya ada sebagian jalan yang masih tergenang banjir namun tak separah beberapa hari lalu,” lanjut Kapolres.
Polres Rohul dan jajaran juga sudah mendapat bantuan personil dari Tim SAR Brimobda Polda Riau. Menurut hitungan ada sekitar 50 orang polisi dikerahkan ke titik bencana, dengan tugas evakuasi dan bantuan lainnya. Selain itu, Bhabinkamtibmas di masing-masing desa juga masih digerakkan membantu masyarakat.
Data Terkini Korban Banjir Rohul
Menurut data yang dirangkum dari BPBD Rohul, banjir melanda Kecamatan Rambah, Dusun Darussalam, Dusun Nogori, Dusun Maratugun, Desa Koto Tinggi, Tanjung Belanti, Tanjung Harapan serta Desa Pematang Berangan Dusun Tulang Gajah dengan total 978 kepala keluarga (3.396 jiwa).
Sementara di Kecamatan Kunto Darussalam, banjir melanda Dusun Pelanduk, Kelurahan Kota Lama Dusun Sei Kuti, Desa Kota Intan, Desa Muara Dilam. Disini juga ada tiga jembatan putus akibat dihantam banjir besar dengan total ada 1.375 kepala keluarga terdampak banjir (4.808 jiwa).
Berikutnya di Kecamatan Pagarantapah, diantaranya Desa Sangkir Indah, Kecamatan Rokan IV Koto, Desa Rokan Koto Ruang, Desa Lubuk Bendahara, Desa Sikebau Jaya dengan total 558 kepala keluarga (2.124 jiwa). Lalu Kecamatan Ujung Batu dengan total korban banjir mencapai 177 kepala keluarga (531 jiwa).
Jika ditotal, ada 3.272 kepala keluarga (KK) terdampak banjir di Rohul, dengan total 11.438 jiwa. Selain itu banjir juga mulai menggenai Kecamatan Kepenuhan dan Kecamatan Bonai Darussalam. “Kalau korban jiwa belum ada,” tutup Kapolres diujung sambungan telepon.*
sumber:goriau.com
Bagikan ke:

Posting Terkait

Baca Juga×