Menteri Siti Telusuri Sungai Siak, Ambil Sampel Air untuk Cek Pencemaran

853 views

Siak – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) Siti Nurbaya menelusuri sungai Siak menuju Kabupaten Siak, Riau. Dalam perjalanan dengan kapal, menyempatkan diri mengambil sampel air sungai Siak untuk diuji mutu buku di laboratorium.

Siti Nurbaya tiba di Pekanbaru, Kamis (21/7/2016) sekitar pukul 07.30 WIB. Dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, dia dan rombongan langsung menuju ke Pelabuhan Sei Duku dengan didampingi Bupati Siak, Syamsuar.

Dari pelabuhan, Siti bersama rombongan menggunakan kapal cepat menuju Kota Siak Sri Indra Pura. Siti memilih jalan lewat sungai terdalam di Indonesia itu, sekaligus ingin mengetahui mutu baku air. Dimana di sepanjang alur sungai banyak berdiri perusahaan.

Di tengah perjalanan, kapal berhenti di aliran sungai Siak di kawasan Perawang. Di sana, Siti bersama stafnya langsung mengambil air sungai Siak.

“Pengambilan air ini untuk diuji di lab untuk mengetahui apakah air sungai Siak ini masih layak atau sudah tercemar,” kata Siti.

Untuk mengetahui hal itu, katanya, tim nantinya akan melakukan pengujian di Lab.

“Bagaimana hasilnya, nanti akan kita sampaikan. Apa hasilnya, nanti akan ada yang akan kita rekomendasikan ke Pemda,” kata Siti.

Siti ke Siak dalam rangka Hari Lingkungan Hidup yang digelar pada Sabtu (23/7) lusa. Dijadwalkan, Wapres Jusuf Kalla hadir dalam acara ini.
Sumber detikcom

Bagikan ke:

sungai siak

Posting Terkait