Razman Nongol di DPD, Minta Irman Gusman Tak Diberhentikan

944 views

Jakarta – Pengacara Razman Arif Nasution muncul di DPD jelang rapat paripurna untuk memberhentikan Irman Gusman dari posisi Ketua DPD. Razman yang sudah mendapat kuasa sebagai pengacara Irman meminta agar tak ada pencopotan.

"Saya kemarin bertemu beliau dan cerita 4 jam, tanda tangan kuasa. Kita cek pernyataan Farouk, Hemas, Fatwa. Ini kan baru presumption of innocence. Kenapa buru buru BK langsung rapat. Kalau fair bentuk tim pencari fakta, berkunjung ke Rutan Guntur," kata Razman di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Saat tiba, Razman sempat berpapasan dengan Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad dan meminta waktu untuk bicara sebelum rapat paripurna. Menurutnya, Irman bisa saja cukup nonaktif dari jabatannya namun tidak diberhentikan.

"Nonaktif kan boleh. Buat terobosan. Nonaktifkan dulu. Bupati, gubernur, walikota kan nonaktif, kalau inkrah baru berhenti. Ini keluhan Pak Irman dan keluarganya," paparnya.

Dia meminta agar BK dan pimpinan DPD datang dulu bertemu dengan Irman di tahanan. Dengan demikian, penjelasan Irman soal peristiwa OTT KPK itu bisa jadi pertimbangan.

"Apa adil beliau belum diminta keterangan. Novanto saja dulu diminta keterangan. Kalau sudah dengar dari dia kan bisa ada pertimbangan lain. Ini kan sepihak," ungkap Razman yang pernah jadi pengacara Novanto hingga Daeng Aziz ini.

Razman lalu panjang lebar menjelaskan kisah awal perkenalan Irman Gusman dan Memi, istri pengusaha Xaveriandi Sutanto yang menjadi tersangka pemberi suap. Dia menuturkan saat ramadan, Irman yang kaget harga gula di Sumbar tinggi lalu menghubungi Memi sebagai pengusaha.

"Spontan dihubungi Bu Memi, ini gula kenapa? Ini pasokan sedikit. Hubungi bulog lah. Spontan Pak Irman hubungi Bulog. Lalu katanya bisa dibantu tapi harus ada mitra. Yang biasa usaha di sana kan Memi," paparnya.

Dia juga membantah Irman tahu bahwa bungkusan yang dibawa Memi ke rumahnya berisi uang. "Kalau tahu itu duit pasti akan diserahkan sebagai gratifikasi," pungkas Razman.
sumber detikcom

Bagikan ke:

dpd ri irman gusman

Posting Terkait