Soroti Kepergian Anggota DPRD ke Inggris, Gubri: Beritahu Masyarakat Apa yang Didapat

715 views

Pekanbaru (lintasriaunews.com)– Kepergian anggota Komisi E DPRD Riau dalam rangka studi banding ke Inggris dan negara Eropa lain disoroti Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Mereka diminta untuk melaporkan hasil kunjungan tersebut kepada masyarakat.

“Masyarakat perlu tahu apa yang didapatkan (anggota Dewan) disana. Harus dilaporkan tujuannya apa dan apa yang dipelajari (studi banding) disana,” kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, seperti dilansir antarariau.com, Jumat.

Anggota dewan yang seyogyanya berperan sebagai penampung aspirasi rakyat, sudah menjadi tanggung jawab dasarnya melakukan kegiatan produktif yang bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga Orang Nomor Satu di Riau ini menekankan apa yang didapatnya dari studi banding ke luar negeri harus bedampak bagi pembangunan di Provinsi dengan julukan “Bumi Lancang Kuning” itu.

“Hasil studi banding bisa dijadikan patokan membandingkan pembangunan disana dengan pembangunan di Provinsi Riau,” sebutnya pula.

Buat Laporannya
Sejalan dengan Andi Rachman, Pimpinan DPRD Riau akan meminta laporan kepada Komisi E DPRD Riau terkait dengan Stuban untuk kemudian disampaikan ke masyarakat.

“Kalau memang pelaporan itu, katakanlah belum baik atau belum ada, nanti kita minta kepada anggota dewan yang berangkat ke luar negeri untuk membuat laporan hasil kunjungannya,” kata Ketua DPRD Riau, Septina Primawati di Pekanbaru, Kamis (22/12).

Hal tersebut disampaikan Septina menjawab sorotan publik yang menilai kunjungan dewan ke luar negeri tidak ada dampaknya bagi masyarakat Riau. Meski begitu, kata dia, administrasinya setiap bepergian dan mendapat tugas, memang harus ada laporannya.

Berbeda dengan keterangan sebelumnya, kali ini Septina mengaku mengetahui perihal keberangkatan anggota Dewan dari Komisi E yang membidangi kesejahteraan rakyat tersebut. Menurutnya hal tersebut telah mendapat izin dari Kementerian Dalam Negeri.

Sejumlah anggota Komisi E DPRD Riau diketahui tengah berada di luar negeri. Pertama kali diketahui dari laman akun media sosial salah satu anggotanya yakni Ade Agus Hartanto. Dalam statusnya di “Path”, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa tersebut menampilkan kalau dirinya telah sampai Dubai, Uni Emirat Arab, pada Minggu (18/12) sekitar pukul 12.26 pagi waktu setempat.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju Inggris, dimana Kota Manchester tempat pemberhentian pertama, yakni sekitar pukul 03.43 sore Minggu waktu setempat, dan sampai di London keesokan harinya, sekitar pukul 10.53 pagi, Senin (19/12) waktu setempat. Lalu, pada Rabu (21/12), status juga menyampaikan telah berada di Paris, Perancis.

Adapun anggota Komisi E DPRD Riau yang berangkat, yakni Ketua Masnur, Anggota M Adil, Ramos Teddy Sianturi, Agus Ade Hartanto, T Nazlah Khairati, dan EV Tenger Sinaga. Lima lainnya staf di Sekretariat DPRD Riau.

Selain Komisi E, Komisi D DPRD Riau juga diketahui lebih dahulu melancong ke luar negeri. Bedanya, jika Komisi E menyambangi Inggris dengan terlebih dahulu transit di Dubai, Uni Emirat Arab, Komisi D memilih Amerika Serikat sebagai destinasi. Ada juga Komisi C pada pertengahan tahun ini ke Eropa juga.[] red007

Bagikan ke:

Posting Terkait