Akui Jadi Pendamping Andi di Pilgubri, ini Alasan dan Target Suyatno

1067 views

Suyatno (kanan) beriringan dengan Andi Rachman didampingi Bupati Amril Mukminin saat pembukaan MTQ Bengkalis di Pinggir.

BAGANSIAPIAPI, (LintasRiauNews) – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Suyatno akhirnya mengakui terus terang kalau dirinya memang akan jadi pendamping atau wakil calon petahana Arsyadjuliandi Rachman dalam pertarungan Pemilihan Gubernur Riau tahun 2018 mendatang. Hal ini sekaligus menjawab teka teki siapa yang akan jadi pasangan Ketua DPD I Golkar Riau yang akrab disapa Andi Rachman tersebut.

“Ya saya maju, kemungkinan perahu kami PDI-P, Golkar, PPP dan Nasdem,” kata Suyatno dengan mantap seperti dilansir media wawasanriau.com, Kamis (11/10/2017) di Bagansiapiapi.

Andi Rachman sendiri sebelumnya dalam beberapa kesempatan pun sebenarnya telah menyampaikan sinyal dan menyebut-nyebut nama Suyatno sebagai salah satu sosok yang bakal jadi pendampingnya. Andi yang sudah mendapat restu DPP Golkar dan resmi diusung sebagai calon dari partai tersebut mengaku merasa cocok berpasangan dengan Suyatno untuk mempertahankan jabatan kepala daerah untuk periode kedua.

Suyatno yang merupakan sosok wakil nan setia Annas Maamun, mantan Bupati Rohil yang kemudian terpilih jadi Gubernur Riau itu mengungkapkan alasan dan tujuannya maju di arena Pilkada Riau mendatang. “Kenapa saya maju, target saya tidak banyak, kalau Allah mengizinkan saya duduk atau berhasil, saya akan menuntaskan program (daerah) pesisir (Riau),” ujarnya.

Menurut Suyatno, program pebangunan daerah pesisir sudah lama dicanangkan, namun sejauh ini belum terealisasi. Dia menyakini jika kelak berhasil menduduki posisi Wakil Gubernur Riau, maka dirinya dapat lebih leluasa dan intens memperjuangkan pembangunan daerah pesisir. Ikut memback-up bersama-sama pejabat di Provinsi Riau asal daerah pesisir lainnya.

“Kalau kita ada di dalam kan ini bisa kontrol, walaupun saya hanya sebagai Wakil Gubernur. Saya masih bisa mengarahkan, (pembangunan pesisir) itu target. kalau tidak ada orang kita sampai kapan program itu terlaksana. Target pembangunan jalan di kawasan pesisir harus selesai dua tiga tahun harus selesai,” papar Suyatno.

Keinginan menjadi Wakil Gubernur mendampingi Andi Rachman, sebut dia, bukanlah semata untuk mencari kepuasan dan kemewahan. Tapi lebih kepada niat untuk melanjutkan estafet putra daerah terdahulu yang berkiprah di Provinsi demi membangun daerah. Baginya itu menjadi tantangan tersendiri, apalagimesti meninggalkan Rohil sekaligus jabatannya sebagai pemimpin dan pengambil kebijakan daerah.

“Kalau tidak berhasil saya balik kandang. Saya berharap kita yang dari Rohil menyatu, tidak ada lagi kader dari kita yang duduk di provinsi. Pak Wan Tamrin sebentar lagi habis, Ahmad syarofi sebentar lagi habis. siapa lagi yang kita banggakan nanti. Sedikit banyak kalau Saya sudah duduk (jadi wagub) kan saya bisa lobi pusat agar pembangunan di Rohil lebih diperbanyak” urai Suyatno.

Suyatno juga tak menampik saat ini janji -janji politiknya sebagai Bupati Rohil belum semua terselesaikan karena baru menjabat satu tahun empat bulan. Tapi dia berkeyakinan jika nanti sudah menduduki jabatan Wakil Gubri, pembangunan jalan lintas Dumai – Sinaboi, Simpang Kanan – Bagansinembah, termasuk jalan Kubu, akan terbangun secepatnya.

“Jalan ini gitulah (Bagansiapiapi – Ujung Tanjung,red), tak mungkin saya biarkan, nanti kalau juga pusat tidak memperhatikan, jalan lintas Ujung Tanjung ini kita ubah statusnya balek, jadi jalan provinsi. kalau saya di provinsi main, kita bisa dibalekkanlagi ke kabupaten apo payahnyo,” tukas Suyatno dengan logat Melayu Rohil.

Seperti diberitakan, Andi Rachman ini, beberapa waktu lalu di hadapan ratusan masyarakat Mandau pernah menyampaikan bahwa dirinya sangat senang jika nanti di Pilgubri 2018 mendapat wakil seperti Suyatno

Ketika dipertanyakan kembali oleh wartawan di sela-sela pembukaan MTQ ke-42 Kabupaten Bengkalis di Kecamatan Pinggir, Minggu (1/10/2017) malam, Andi menjawab dengan teka-teki sembari tersenyum. “Hmmm… kan terlihat kami sering hadir bersama,” katanya singkat.

Ketika didesak apakah jawaban itu membenarkan dirinya akan berdampingan dengan Suyatno, Andi kembali menjawab “Menurut teman-teman pers gimana. Teman-temankan lebih tahu,” ujarnya santai dan kembali tersenyum.

Selang beberapa hari kemudian, Andi juga masih belum mau memberi jawaban pasti apakah dirinya menggandeng Suyatno sebagai pasangan untuk Pilgubri mendatang, walau sosok Bupati Rohil itu ramai diperbincangkan sebagai calon wakilnya dan dikabarkan telah direstui DPP Golkar.

”Kalau nama (Suyatno, red) sedang dibicarakan orang, baguslah. Berarti sudah ada yang tahu,” kata Andi Rachman masih dengan santai kepada pers di Gedung Daerah Provinsi Riau, Selasa (10/10/2017).

Soal siapa wakilnya, Andi Rachman mengaku masih menunggu survei politik sebelum memberikan jawaban siapa kira-kira sosok yang akan mendampinginya.”Tunggu itung-itungan survei politiknya,” pungkasnya.* red 007

Bagikan ke:

Posting Terkait