Polres Dumai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2023

154 views

 

DUMAI,LintasRiauNews.com — Senin (4/9/2023) sekira pukul 08.00 WIB, bertempat di Halaman Mapolres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 Polres Dumai.

Adapun tema pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 ialah “Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 20234”.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, S.H, S.I.K, M.Si, Perwira Apel Kasat Lantas Polres Dumai AKP Lily Sulfiani, S.I.K dan Komandan Apel Kanit Regident Sat Lantas Polres Dumai Ipda Andri Saputra, S.E, M.M.

Apel Gelar Pasukan ini dihadiri Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS, Dan Sat Radar 232 Sumai Letkol (Lek) Rumanto Gunardi, Dandim 0320/Dumai diwakili oleh Pasi Intel Kodim 0320/Dumai Lettu (Inf) Ediyanto, Danden POM AL Dumai Kapten Laut (PM) James Siahaan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Said Effendi, S.E dan Kasat Pol PP Kota Dumai Yudha Pratama Putra, S.STP.

Juga hadir Kepala Jasa Raharja Dumai Rudi Elfis, S.E, M.M, CHCM, Kepala Kejaksaan Negeri Dumai Agus Herimilyanto, S.H, M.H, Ketua Pengadilan Negeri Dumai diwakili oleh Hakim Abdul Wahab, S.H, M.H, Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir, S.H, S.I.K, M.M dan seluruh Pejabat Utama Polres Dumai.

Untuk Pasukan Apel terdiri dari Personel TNI dari Kodim 0320/Dumai, Den Arh Rudal 004 Dumai, Kie Pan Yon 132/BS Dumai, Sat Radar 232 Dumai dan Lanal Dumai. Personel Gabungan Polres Dumai, Dinas Perhubungan Kota Dumai, Satpol PP Dumai dan Jasa Raharja Dumai.

Dalam Apel Gelar Pasukan ini dilakukan pemasangan Pita Tanda Operasi oleh Kapolres Dumai selaku Pimpinan Apel kepada perwakilan personel dari Polres Dumai, Anggota TNI, Dinas Perhubungan Kota Dumai dan Satpol PP Kota Dumai.

Kapolres Dumai selaku Pimpinan Apel dalam pelaksanaannya membacakan amanat tertulis Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H pada Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Lancang Kuning 2023, berikut petikannya :

Pelaksanaan Operasi Kewilayahan Bidang Lalu Lintas dengan sandi ‘Zebra Lancang Kuning 2023’ akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 4 hingga 17 September 2023, dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan didukung pola penegakan hukum lantas secara elekteonik baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat.

Sebelum memulai Operasi Zebra Lancang Kuning 2023, maka dilakukan Apel Gelar Pasukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polda Riau dan Polres Jajaran dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 dengan tujuan agar berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Untuk itu perlu diketahui bersama bahwa data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2022 adalah sebanyak 11 kejadian, mengalami penurunan sebanyak 11 kejadian atau sekitar 50% apabila dibandingkan dengan periode yang Ssbelumnya tahun 2021 yakni sebanyak kejadian.

Serta jumlah korban meninggal dunia pada pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2022 adalah sebanyak 6 orang, mengalami penurunan sebanyak 2 orang atau sekitar 25% dibandingkan Periode yang sebelumya di Tahun 2021 sebanyak 8 orang.

Adapun Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dengan jumlah tilang pada Operasi Zebra Lancang Kuning Tahun 2022 sebanyak 7.604 tindakan sedangkan Tahun
2021 sebanyak 4.478 tindakan, mengalami peningkatan sebanyak 3.126 tindakan atau Naik sekitar 70%.

Untuk tindakan teguran pada Tahun 2022 sebanyak 13.469 kali, sedangkan pada Tahun 2021 sebanyak 10.983 kali, mengalami peningkatan sebanyak 2.486 kali atau naik sekitar 23%.

“Kita menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut lita tidak bisa berdiam diri, melainkan dituntut untuk bertindak dan melakukan berbagai upaya. Dalam hal ini menciptakan Pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas dimana pada tahun 2024 kita akan melaksanakan pemilu 2024,” ungkap Kapolres Dumai.

Guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya
untuk menciptakan situasi Kamseltibcarlantas yang kondusif dalam mewujdukan Pemilu yang damai dengan memberdayakan seluruh stakeholder terkait, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas.

Hal tersebut sejalan dengan tema Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 yaitu “Kamseltibcarlantas yang kondusif Menuju pemilu damai 2024”.

“Oleh sebab itu diperlukan koordinasi bersama antar Instansi Pemerintah Daerah dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas. Berdasarkan data di atas diharapkan pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 dapat mencapai tujuan operasi yaitu menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta fatalitas korban,” harapnya.

Adapun target Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 adalah :
1. Menurunnya angka pelanggaran lalu Lintas;
2. Menurunnya angka kecelakaan lalu Lintas dan angka fatalitas;
3. Meningkatnya disiplin masyarakat Dalam berlalu lintas.

Sedangkan sasaran Operasi Zebra Lancang Kuning 2023, yaitu:
1. Potensi gangguan;
2. Ambang gangguan;
3. Gangguan nyata.

Mengakhiri amanatnya Kapolda Riau menyampaikan penekanan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Lancang Kuning 2023, agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam setiap pelaksanaan kegiatan dan laksanakan tugas dengan menampilkan sikap humasis tidak arogan dan mempunyai jiwa penolong, hindari kegiatan kontra produktif yang dapat menurunkan citra Polri.

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 di Polres Dumai berakhir sekira pukul 09.00 WIB, seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar.**(rls/Yetty)

Bagikan ke:

Posting Terkait