UHC Memastikan Warga Kota Dumai Mendapatkan Jaminan Kesehatan Dimana Saja Dan Kapan Saja

139 views

 

 

DUMAI,LintasRiauNews.com — Kepala Dinas Kesehatan, dr Syaiful MKM menjelaskan program UHC memastikan warga kota Dumai mendapatkan jaminan kesehatan dimana saja dan kapan saja.

Sebagaimana diketahui Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Kota Dumai juga salah satu daerah di Provinsi Riau yang mendapat predikat UHC oleh pemerintah pusat.

Atas pencapaian tersebut pemerintah melalui Dinas Kesehatan melalukan berbagai pertemuan guna percepatan capaian UHC dalam kurun waktu beberapa bulan berhasil mencakup 98 persen masyarakat.

“Setiap masyarakat Dumai berhak mendapatkan program UCH dan jaminan kesehatan dimana saja dan kapan saja membutuhkan pelayanan kesehatan baik di dalam maupun di luar kota,” jelas Syaiful.

Guna mensukseskan program tersebut, pemerintah mengalokasikan sebesar 38 miliar pada 2022 dan 30 miliar pada APBD murni 2023.

Dijelaskan Syaiful alokasi tersebut berhasil diserap 100 persen dengan pembiayaan setiap bulannya untuk 98 persen masyarakat yang sudah mendapatkan jaminan kesehatan (BPJS).

“Untuk warga Dumai yang membutuhkan layanan kesehatan diluar kota dan belum memiliki jaminan kesehatan akan difasilitasi dengan cara menghubungi JKN Centre dengan pelayanan prima dan langsung bisa dinikmati oleh masyarakat,” pungkasnya.

Atas capaian hampir 100 persen UHC tersebut, pemerintah Dumai berhasil raih penghargaan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/03) silam.

Dengan tercapainya UHC, Wapres RI mengapresiasi komitmen pemda, khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kota Dumai sendiri sangat komit terhadap bidang kesehatan, salah satunya dibuktikan dengan realisasi Khidmat Kesehatan yang manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat Dumai.

Maka dari itu, Pemko Dumai sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage.

Terhitung sejak 1 Maret 2023, sebanyak 323.892 jiwa penduduk Kota Dumai telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 331.445 jiwa atau sebesar 97,72%.

Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kota Dumai telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan. **(
Yetty)

Bagikan ke:

Posting Terkait